Rabu, 06 Juli 2011

Android Kuasai Penjualan Smartphone di 6 Negara

Data terbaru Kantar Worldpanel ComTech menunjukkan dominasi Android OS pada penjualan smartphone secara global, setelah menguasai enam pasar penting dunia. Sebelumnya : Jalan-jalan Lihat Android Mascot di Kantor Google dan Smartphone Nokia Berlapis Emas Cuma Rp 10 Juta

Android berhasil meningkatkan pangsa pasarnya hingga 35,1 persen. Bahkan, Android tercatat menguasai 44,9 persen pasar Inggris. Ini jelas pencapaian yang luar biasa, mengingat tahun lalu Android baru merengkuh 9,8 persen market share Inggris.

Android menjadi OS nomor satu di Inggris, Jerman, Prancis, Amerika Serikat, Australia dan Jepang selama masa penjualan 12 pekan yang berakhir 15 Mei lalu. Khusus untuk Spanyol dan Italia, Symbian masih menjadi idola. Namun market share Symbian di Italia pun turun dari 68,3 persen menjadi 40,6 persen, menyusul pertumbuhan Android yang sangat cepat.

"Android kini menempati posisi nomor satu di enam negara dan terus merengkuh share besar di Eropa. Di pasar AS, share Android cenderung statis untuk beberapa periode terakhir (54,7 persen), setelah iOS (30,8 persen) kembali menanjak," jelas Dominic Sunnebo selaku Global Consumer Insight Director Kantar Worldpanel ComTech.

"Symbian masih mengalami kesulitan , karena konsumen terus menunggu kehadiran ponsel Windows. Share Symbian di sebagian besar negara relatif statis, kecuali di Prancis di mana Symbian mengalami kenaikan 2,8 persen. Namun share di Italia turun 6,5 persen dibandingkan periode sebelumnya," lanjut Sunnebo.

Sementara itu, Research In Motion (RIM) juga berhasil meningkatkan market share-nya di wilayah Eropa, seperti di Inggris yang naik dari 18,6 persen menjadi 20,9 persen. Di Spanyol, share RIM juga naik secara signifikan (8,1 persen) dari hanya 4 persen di periode sebelumnya menjadi 12,1 persen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post