Rabu, 13 Oktober 2010

Ikan Drakula Spesies Baru di Sungai Mekong !

Dracula Fish From Mekong
Salah satu spesies baru di Greater Mekong.

Tokek lipstik, ikan drakula, tanaman karnivora setinggi tujuh meter dan kodok bersuara jangkrik merupakan beberapa diantara 145 spesies temuan baru di wilayah Greater Mekong tahun lalu, menurut para peneliti Word Wildlife Fund (WWF).

Temuan spesies baru oleh sejumlah ilmuwan bersama WWF itu, telah diterbitkan pada salah satu 'hotspot biologi paling berbobot di planet ini'.

Ikan Drakula adalah ikan kecil dengan taring sangat tajam, sedangkan spesies tokek yang ditemukan memiliki mulut merah seolah selalu menggunakan lipstik.

"Temuan di jaman modern ini cukup mengejutkan," ujar Stuart Chapman, Direktur Konservasi WWF Greater Mekong dalam sebuah pernyataan.

Wilayah Greater Mekong meliputi, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam dan Provinsi Selatan Yunnan, China.

"Setiap tahun, jumlah spesies baru terus meningkat, sehingga merupakan tanggung jawab untuk menjamin kelestarian keanekaragaman hayati unik itu di wilayah tersebut," ujar Chapman.

Meskipun terdapat sejumlah besar keanekaragaman hayati di kawasan Greater Mekong, ini masih sangat rapuh, ujar WWF. Sebagai contoh, punahnya Badak Jawa baru-baru ini merupakan bukti turunnya keanekaragaman hayati.

"Keanekaragaman hayati tidak merata di seluruh dunia. Sejumlah spesies baru ini merupakan pengingat bahwa keanekaragaman hayati yang luar biasa terdapat di Greater Mekong," ujar Chapman. "Oleh sebab itu diperlukan alokasi dana cukup besar untuk memastikan kelangsungan kelestarian ekosistem ini."

Temuan ini diterbitkan dalam laporan menjelang konvensi PBB tentang Keanekaragaman Hayati (CDB) di Nagoya, Jepang, yang diperkirakan berlangsung bulan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post