Rabu, 20 Juli 2011

Hukum Mendel Doogle Google Hari Ini, Rayakan Ulang Tahun Gregor Mendel

Hukum Mendel Doogle Google Hari Ini, Rayakan Ulang Tahun Gregor Mendel - Sudahkah hari ini Anda membuka Search Engine Google? Jika sudah, berarti Anda udah melihat Doodle Google yang terbaru hari ini, 20 Juli 2011.Pada hari ini, ketika saya lagi buka www.google.com, saya berhenti melihat doodle google tersebut yang ada gambar kacang-kacangan, pas saya dekatin kursor kearah doodle tersebut, ada tulisan Gregor Mendel’s 189th Birthday. Lainnya dari Google 15 Tempat Yang Dilarang Di Google Earth & Google Maps dan Inilah Dennis Hwang, Sang Pembuat Logo-Logo Google

Saya bingung sebentar apa ya maknanya, karena setiap ada momen istimewa atau special, Google pasti akan menampilkannya di Doodle Google tersebut.

Kemudian ternyata hari ini adalah ulang tahunnya Gregor Mendel atau nama lengkapnya Gregor Johann Mendel yang ke 189 tahun. Dia adalah orang berkebangsaan Austria yang lahir tanggal 20 Juli 1822 dan meninggal tanggal 6 Januari 1884. Beliau adalah salah satu tokoh terkenal yang ada di bumi ini. Oh ya saya lupa ternyata Mendel itu adalah orang yang sering kita pelajari di Biologi, khususnya waktu kita masih SMA. Masih inget kan tentang Hukum Mendel?


Nah, Hukum Mendel dibuat dan diciptakan oleh Gregor Mendel ini. Ia melakukan percobaan persilangan dari tanaman kacang-kacangan. Dari sini ia baru bisa membuat kesimpulan tentang pewarisan sifat yang sekarang kita kenal sebagai Hukum Mendel atau Hukum Pewarisan Mendel.

Di Hukum Mendel, kita bisa belajar tentang gen dominan dan resesif yang biasanya ditandai dengan ukuran huruf. Misalnya yang dominan (P) sedangkan kalau resesif (p). Itu perbedaan antara dominan dan resesif. Selain itu kita juga belajar tentang keturunan, misalnya keturunan pertama atau anak ditulis dengan (F1) selanjutnya keturunan kedua atau cucu ditulis dengan (F2).


Kemudian dari penelitian tersebut, kita bisa belajar bahwa setiap organisme hidup terdiri dari sebuah unit dasar atau yang kita kenal sebagi genre (Gen). gen tersebut merupakan sesuatu yang diturunkan atau diwariskan dari sang induk kepada keturunannya. Contohnya dari orang tua kepada anak-anaknya. Sedangkan dalam bidang tanaman juga hampir sama. Ada juga kelainan gen misalnya Orang Tua Kulit Hitam, Bayi Kulit Putih

Pada tumbuhan, Mendel menjelaskan dengan teorinya bahwa apabula dua gen mewariskan satu kualitas tertentu yang berbeda masing-masing (contoh : gen warna hijau dengan gen warna cokelat). Misalnya gen hijau lebih dominan (H) sedangkan gen cokelat adalah resesif (h). Maka tidak seperti pada manusia, gen resesif tersebut (h) tidak putus dan mungkin bisa lanjut ke keturunan yang berikutnya.

Pada Hukum Mendel juga dijelaskan bahwa sel atau gamet pada mahluk hidup dalam satu pasang hanya berisi satu gen saja.


Hukum Mendel merupakan dasar atau landasan awal yang kita peroleh dalam ilmu genetika saat ini. Hukum ini merupakan dasar bagi ilmu genetika yang terpenting, walaupun dulunya Hukum Mendel ini kurang diperhatikan alias diabaikan oleh dunia. Namun kini, Hukum Mendel menjadi penting bagi pengetahuan kita sekarang ini mengenai dunia genetika berkat jasa-jasa Gregor Mendel.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post